Minggu, 21 Juli 2013

Hiya...ketemu lagi di blog Tutorial Linux Ubuntu Berbahasa Indonesia. Kali ini saya akan sedikit menyinggung dulu tentang satu fitur yang ada di linux/unix. "Awk" adalah sebuah perintah pada Linux / Unix yang mempunyai kegunaan untuk mem-parsing atau mengurai sebuah file. Hampir mirip dengan "grep", namun bedanya grep digunakan ketika kita akan mem-filter sebuah isi direktori dengan sebuah ketentuan. seperti misalnya :
ls -l /home/user | grep report
Pada contoh perintah diatas akan menampilkan file apa saja yang ada didalam folder /home/user, dengan ketentuan file-file yang ditampilkan mengandung nama report.

Sudah saya berikan sedikit gambaran tentang "grep" dan "awk". Saya akan memberikan sedikit analogi mengenai awk ini.

Skenario :
Kita mempunyai sebuah server yang berperan sebagai proxy http untuk website-website kita karena alasan keterbatasan IP Public. Lalu satu waktu kita membutuhkan beberapa informasi tentang seberapa banyak pengunjung yang mengakses website tertentu. Dari sini, tentunya kita sudah tau kalau semua log visitor tercatat dalam file "access.log" di server proxy http kita. File access.log ini lah yang akan jadi patokan kita untuk mendapatkan informasi tadi. bagaimana cara mendapatkannya?

Disinilah peran awk bermain. Seperti kita tau bahwa didalam file access.log ada banyak sekali catatan-catatan tentang informasi pengunjung. dimulai dari IP Address, Web apa yang diakses, sampai halaman apa yang diakses, didalamnya ada ribuan atau bahkan jutaan baris yang sudah pasti tidak mungkin kita hitung satu per satu untuk mendapatkan informasi tadi.

"Awk" mungkin terlihat sepele, namun dia memiliki kegunaan yang akan sangat membantu kita dalam pencarian informasi di Linux / Unix. Bagaimana cara menggunakannya? Akan saya jelaskan pada postingan berikutnya :)

Semoga bermanfaat,
Salam Penguin!