Jumat, 23 Agustus 2013

Halo! Ketemu lagi di blog Tutorial Ubuntu Berbahasa Indonesia. Sudah beberapa hari ini saya absen posting dikarenakan kesibukan. Di postingan ini saya sedang tidak memiliki mood yang cukup untuk menulis, di postingan ini saya hanya akan promosi produk SIM Akademik yang digunakan ditempat saya bekerja. Barangkali anda sedang membutuhkan. hehehe

Sebenarnya saya sedang menjual beberapa aplikasi sistem informasi akademik. Aplikasi ini sudah diimplementasikan ditempat saya bekerja yaitu di Institut Manajemen Telkom. Jika anda adalah salah satu orang yang sedang membutuhkan aplikasi ini maka anda sedang berada dihalaman yang tepat. Saat ini saya mempunyai sistem informasi aplikasi akademik, sistem informasi aplikasi perpustakaan yang akan saya jelaskan dibawah.

GAMELAN
Secara umum, aplikasi di dunia pendidikan dapat dibagi menjadi 3, yaitu : 
  1. Aplikasi Akademik, yang terdiri dari :
    a. SIM Akademik
    b. SIM Knowledge Management
  2. Aplikasi Resource, yang terdiri dari :
    a. SIM Infrastruktur (Aset)
    b. SIM Human Resource
  3. Aplikasi Finance, yang terdiri dari :
    a. SIM Billing
    b. SIM Payment
    c. SIM Keuangan (General Ledger) Dan semua aplikasi tersebut saling terintegrasi dan mengakses pada Master Data yang sama, dan memiliki Management Report (Dashboard) yang fleksibel.

Sebuah platform teknologi yang memungkinkan organisasi mengimplementasi, mengintegrasi, dan mengkoordinasi proses bisnis yang mereka miliki secara flexible dengan Time to Market yang singkat. Mengapa aplikasi ini bernama gamelan? Jawabannya adalah, karena aplikasi ini berbasis framework yang dapat berkolaborasi dengan aplikasi-aplikasi lain. Didalamnya bukan hanya terdapat SIM Akademik tapi juga terdapat SIM Hrmis (Human Resource Sistem Information), SIM Knowledge Management, SIM Infrastruktur. Semuanya disatukan didalam sebuah aplikasi berbasis single sign onKelebihan dari Gamelan itu sendiri adalah dapat mengakomodasi semua kemungkinan proses bisnis, tanpa perlu melakukan perubahan script, namun hanya konfigurasi dan setting. Misalnya jika anda menginginkan seorang user hanya dapat mengakses fitur-fitur tertentu, anda sebagai administrator hanya tinggal memberikan batasan-batasan privileges untuk user tersebut via aplikasi, tidak perlu melakukan perubahan script yang membingungkan. Selain itu juga Gamelan ditargetkan untuk Delivery Time to Market yang minimum (hour based).
Referensi:
  1. TAM (Telecommunication Application Map)
  2. ITIL (IT Infrastructure Library)
  3. COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology)
  4. ITGI (IT Governance Institute)

infrastruktur aplikasi akademik gamelan
Infrastruktur SIM Akademik Gamelan
Semua aplikasi konsumer (satelit) mengacu pada basis data yang terintegrasi dalam Masterdata untuk menjaga reliabilitas dan integritas data, dan memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam melakukan update dan maintenance data sehingga bisa dimanfaatkan untuk pelaporan baik ke pihak manajemen maupun ke pihak luar. Proses bisnis end-to-end didesain sebagai berikut :

proses_bisnis_aplikasi_akademik_gamelan
Proses Bisnis SIM Akademik Gamelan
SIM Akademik, SIM Knowledge Management, SIM Infrastruktur, dan HRMIS berkolaborasi sesuai peruntukannya dan terintegrasi dalam Single Sign On dengan Masterdata dan masing-masing dapat menerbitkan tagihan (invoice) kepada SIM Finance modul Billing untuk dapat diproses lebih lanjut ke modul Payment agar bisa dilakukan transaksi keuangan melalui Bank maupun Collecting Agent.

customer_view_sim_akademik_gamelan
Customer View SIM Akademik Gamelan
Untuk informasi dasar mengenai harga, aplikasi ini di bandrol seharga Rp. 50.000.000,- (nego). Harga tersebut sudah termasuk biaya installasi dan akomodasi. Dimanapun lokasi anda, jika anda berminat pada aplikasi ini pihak kami siap untuk segera meluncur ke lokasi anda.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi saya via email di : apocalypsix@gmail.com